Gelaran MotoGP Australia Bisa 'Mengungsi' ke Tempat Lain akibat Cuaca Buruk

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 2 Januari 2020 | 07:30 WIB
Ilustrasi balapan MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island. (DOK. MOTOGP)

BOLASPORT.COM - Pindah ke sirkuit lain bisa menjadi opsi bagi pagelaran MotoGP Australia yang menimbulkan polemik akibat cuaca buruk yang melanda.

Sorotan negatif muncul dalam penyelenggaraan MotoGP Australia yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island pada pekan terakhir di bulan Oktober 2019.

Cuaca buruk menjadi penyebab. Hujan, suhu dingin, hingga badai menciptakan kondisi berbahaya bagi para pembalap yang mengaspal.

Pembalap tim KTM Tech3, Miguel Oliveira, menjadi korban setelah motornya terdorong arus angin dan membuatnya terpelanting ke atas gravel dalam kecepatan tinggi.

Oliveira terpaksa absen. Sesi kualifikasi pun ditunda dan baru digelar pada Minggu (27/10/2019) pagi, pada hari yang sama dengan sesi balapan.

Kondisi tak bersahabat akibat iklim ekstrem pada pengujung tahun memang menjadi tantangan yang dihadapi pembalap MotoGP ketika berkunjung ke Negeri Kanguru.

Dorna Sports sebenarnya sudah merespons keluhan para rider dengan berencana memajukan jadwal MotoGP Australia.

Seperti diberitakan BolaSport.com sebelumnya, Dorna kabarnya punya ide menjadikan Australia sebagai seri pembuka musim 2021 dan digelar pada bulan Februari alih-alih Oktober.

Baca Juga: Ferrari Setuju Turunkan Anggaran Mulai 2021 demi Bantu Tim Kecil