Targetkan Dua Wakil Per Nomor, PBSI Maksimalkan Sektor Putri

By Wila Wildayanti - Rabu, 12 Februari 2020 | 12:30 WIB
Perawakilan Pembantu Pejabat Komitmen (PPK) PPON Kemenpora, Yayan Rubani dan Ketua 1 PBSI, Alex Tirta dalam Penandatanganan MoU Pencairan Dana Olimpiade Tokyo 2020. (WILA WILDAYANTI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Wakil Ketua Umum PP PBSI, Alex Tirta, tetap berharap bulu tangkis bisa mengirim dua wakil pada masing-masing nomor pertandingan Olimpiade Tokyo 2020.

Perhitungan poin kualifikasi menuju Olimpiade Tokyo 2020 masih akan berlanjut sampai April mendatang, tepatnya pada Kejuaraan Asia 2020.

Dari lima nomor pertandingan, ganda putra menjadi satu-satunya nomor yang telah mengamankan dua slot ke Olimpiade.

Baca Juga: Hasil Kejuaraan Beregu Asia 2020 - Gregoria Sumbang Poin Pertama Indonesia

Sebab, tiga pasangan ganda putra Merah Putih saat ini, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, berada di posisi lima besar dunia.

Namun, sesuai regulasi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Indonesia hanya bisa mengirim dua wakil andai para wakil tersebut ada di posisi delapan besar.

Berbeda dengan nomor ganda putra, sektor putri justru tengah berpacu dengan waktu untuk bisa meloloskan dua wakil.

Pasangan ganda putri andalan Indonesia Greysia Polii/Apriani Rahayu, saat ini berada di posisi yang cukup aman karena menempati peringkat ke-8 dengan 71.705 poin.

Adapun, pesaing terdekat mereka, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand), terpaut sekitar 21 ribu poin.