Guncangan Virus Corona terhadap Olahraga Dunia

By BolaSport - Selasa, 25 Februari 2020 | 12:45 WIB
Olimpiade 2020 akan digelar di Tokyo, Jepang. (TWITTER/OLYMPICS)

BOLASPORT.com - Perkembangan penyakit virus corona (COVID-19) yang belum menunjukkan tanda-tanda penurunan, malah sebaliknya, jumlah masyarakat yang terinfeksi semakin bertambah dan angka kematian semakin meningkat, kini menjadi isu global yang sedang dicari solusinya.

Renata Melati Putri

Kabar baiknya, angka pasien yang sembuh juga meningkat.

Menurut agen media asal Belanda, BNO News, terhitung sejak Januari sampai Februari, jumlah penderita coronavirus yang kembali sehat meningkat lebih tinggi daripada peningkatan pasien yang wafat, meskipun, angka pasien yang baru menderita penyakit ini tumbuh sangat tinggi.

Setidaknya, sudah 31 negara dan satu kapal pesiar, Diamond Princess, yang menyatakan menemukan kasus positif virus yang masih satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS tersebut.

Hal ini mendorong badan kesehatan dunia WHO untuk menyatakan status darurat kesehatan global dan mengimbau ditingkatkannya kerja sama antarnegara untuk mengatasi coronavirus.

WHO juga menyatakan membutuhkan dana sekitar 9 triliun rupiah untuk menemukan vaksin yang tepat.

BBC Science / Science Photo Library
Virus corona COVID-19 bisa bermutasi sama seperti mikroorganisme lainnya.

Sayangnya, pengembangan vaksin ini bisa memakan waktu hingga dua tahun walau kerja sama global telah bahu-membahu dalam mengembangkan vaksin untuk virus ini.

Beberapa sektor ekonomi telah mengalami kerugian, termasuk sektor bisnis, transportasi, dan pariwisata.