Liverpool Raih Laba, Van Dijk Bakal Jadi Bek Bergaji Termahal di Dunia

By Rebiyyah Salasah - Jumat, 28 Februari 2020 | 23:15 WIB
Virgil van Dijk mencim trofi juara Liga Champions Liverpool. (TWITTER.COM/THEANFIELDWRAP)

BOLASPORT.COM - Pemain Liverpool, Virgil van Dijk, akan menjadi bek dengan bayaran tertinggi di dunia lewat kontrak baru dari The Reds musim panas mendatang. 

Berdasarkan laporan keuangan akhir tahun, Liverpool sukses meraup laba sebelum pajak sebesar 42 juta pounds (Rp774 miliar) pada periode 2018-2019 yang berakhir 31 Mei 2019.

The Reds juga mengalami lonjakan pendapatan menjadi 533 juta pounds (Rp9,8 triliun) yang didapatkan dari hak siar, komersial, dan pemasukan pertandingan. 

Kekuatan finansial Liverpool itu membuat mereka menjaga bintang-bintang seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino dengan kesepakatan baru soal gaji dalam setahun terakhir.

Pendapatan besar juga berpengaruh kepada penghasilan Virgil van Dijk, yang telah menjadi andalan di pertahanan Liverpool sejak tiba dari Southampton pada Januari 2018.

Baca Juga: Akan Sulit Bagi Van Dijk untuk Tolak Tawaran Barcelona dan Real Madrid

Juventus dilaporkan tertarik merekrut Van Dijk pada musim panas, tetapi Liverpool sekarang memiliki kemampuan untuk menggelontorkan dananya demi mempertahankan sang bek andalan.

Meskipun membuat rekor kenaikan pemasukan, lebih dari setengah pendapatan mereka akan digunakan untuk investasi dalam perekrutan pemain dan infrastruktur.

"Mampu menginvestasikan lebih dari 220 juta pounds (Rp4,1 triliun) pada pemain selama periode keuangan ini adalah hasil dari strategi bisnis yang sukses, terutama peningkatan signifikan dalam pendapatan komersial," kata Andy Hughes, Chief Operating Officer Liverpool FC, seperti dilansir BolaSport.com dari laman resmi klub.