Satu Amunisi China di Olimpiade 2020 Melayang Setelah Jawara Renang Dapat Sanksi Berat

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 29 Februari 2020 | 20:13 WIB
Perenang asal China, Sun Yang, mendapat hukuman skor selama delapan tahun akibat kisruh tes doping pada 2018. (TWITTER.COM/EDNEWSCHINA)

BOLASPORT.COM - Petaka dialami kontingen China menjelang berlangsungnya Olimpiade 2020 setelah atlet andalannya mendapat hukuman berat.

Pil pahit ditelan juara dunia renang asal China, Sun Yang, setelah mendapat hukuman skors selama delapan tahun.

Sun mendapat sanksi akibat tidak kooperatif ketika diminta menjalani tes doping di kediamannya di Hangzhou pada September 2018.

Saat itu Sun mempertanyakan kredibilitas petugas Pelaksana Tes Doping Internasional (IDTM) sebelum seorang anggota keluarganya menghancurkan sampel darah yang diambil.

FINA selaku induk olahraga renang dunia sebenarnya telah membebaskan Sun dari ancaman hukuman pada 2019.

Sun bahkan turun dalam Kejuaraan Dunia 2019 di Korea Selatan dan memenangi dua medali emas dari nomor gaya bebas 200 meter dan 400 meter.

Namun begitu, Sun belum sepenuhnya selamat dari hukuman setelah Badan Anti-doping Dunia (WADA) mengajukan banding ke Pengadilan Abritase Olahraga (CAS).

Sun menyatakan dirinya tidak bersalah ketika kesaksian. Namun begitu, putusan pengadilan berkata lain. Dia dihukum larangan bertanding selama delapan tahun.

Baca Juga: Deretan Kakak Beradik ini Sukses Jadi Legenda di Industri Olahraga