Shopee Liga 1 2020, Virus Corona dan Kemanusiaan di Atas Segalanya

By Mochamad Hary Prasetya - Senin, 16 Maret 2020 | 19:00 WIB
Hal unik terjadi ketika para pemain Persija Jakarta dan Bhayangkara FC melakukan jabatan tangan dengan sikut tangan karena mengantisipasi penyebaran virus Corona di Stadion PTIK, Melawai, Jakarta Selatan (14/3/2020) (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Hujan turun membasahi tanah Indonesia pada Senin (16/3/2020). Derasnya air hujan menandakan kesedihan bagi masyarakat Indonesia, terutama dunia olahraga, khususnya sepak bola.

Ya, mulai 16 Maret 2020 sampai dua pekan ke depan, untuk sementara waktu kompetisi sepak bola di Indonesia yakni Shopee Liga 1 dan Liga 2 ditunda terlebih dahulu. Alasan utamanya karena meluasnya virus corona di Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengumumkan adanya dua kasus pasien positif virus corona di Tanah Air pada 2 Maret 2020. Dua pekan sudah berlalu, virus corona semakin meluas di Indonesia.

Sampai 16 Maret 2020, Juru Bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Jufriyanto, mengatakan sudah ada 134 orang yang positif Covid-19 di Tanah Air. Masyarakat Indonesia pun panik. Mereka berusaha keras untuk mencari cara agar terhindar virus yang diduga berasal dari Wuhan, China.

Setelah Joko Widodo mengumumkan adanya dua kasus tersebut, Shopee Liga 1 masih tetap bergulir. Hanya saja beberapa pertandingan terpaksa ditunda dan digelar tanpa penonton. Persija Jakarta dan Bhayangkara FC yang menjadi imbasnya.

Persija Jakarta yang seharusnya menjamu Persebaya Surabaya pada pekan kedua Shopee Liga 1 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2020), terpaksa ditunda. Sementara Bhayangkara FC harus menjalani pertandingan tanpa penonton saat menjamu Persija Jakarta di Stadion PTIK, Melawai, Jakarta Selatan, Sabtu (14/3/2020). Kedua klub itu harus menelan pil pahit karena Pemerintah DKI Jakarta mencabut izin keramaian demi mencegah meluasnya virus corona di Indonesia.

MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Lee Won Jae sedang menjaga pergerakan Novri Setiawan, ketika laga Bhayangkara FC malawan Persija Jakarta di Stadion PTIK, Melawai, Jakarta Selatan (14/3/2020)

Meskipun klub-klub yang lain tetap menjalankan pertandingan dengan penonton, mereka tetap melaksanakan prosedur dari PT Liga Indonesia Baru (LIB). Operator kompetisi Shopee Liga 1 itu mengirimkan surat kepada semua klub untuk menyiapkan petugas kesehatan.

Tugas mereka untuk mengecek suhu badan para suporter, pemain, dan offsial yang ingin masuk ke dalam stadion. PT LIB juga meminta kepada klub untuk tidak mengizinkan suporter yang tengah sakit datang ke stadion. Cara yang dilakukan itu setidaknya berjalan lancar tanpa ada masalah.