Wasit Tak Dibayar Akibat COVID-19, PSSI Segera Cari Solusi

By Hugo Hardianto Wijaya - Kamis, 2 April 2020 | 08:40 WIB
Tabrani, wasit yang memimpin laga Persebaya Surabaya Vs Persis Solo dibekali kamera GoPro di dada. (KOMPAS.COM/ SUCI RAHAYU)

BOLASPORT.COM - Ketua Komite Wasit PSSI, Sonhadji, menyatakan bahwa pihaknya masih memikirkan jalan untuk membiayai wasit yang tak punya pemasukan selama penundaan kompetisi.

Penundaan kompetisi akibat pandemi virus corona memiliki masalah baru.

Perangkat pertandingan dan wasit menjadi pihak anyar yang terdampak langsung dari penundaan Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 2020.

Seperti diketahui, PSSI telah menetapkan Maret hingga Juni 2020 sebagai situasi darurat pandemi virus corona dan menunda semua liga hingga 29 Mei 2020.

Baca Juga: Pelatih Cari Formula untuk Menangkan Marcus/Kevin atas Endo/Watanabe

Berbeda dari pemain yang masih mendapatkan gaji sebesar 25 persen, perangkat pertandingan dan wasit tidak memiliki pemasukan sama sekali akibat tidak adanya pertandingan.

Ketua Komite Wasit PSSI, Sonhadji, mengaku bahwa pihaknya masih memikirkan jalan keluar terhadap permasalahan tersebut.

Menurut Sonhadji, PSSI dan PT LIB tengah bekerja sama untuk segera mendapatkan solusi bagi pendapatan perangkat pertandingan dan wasit di Indonesia.

"Saat ini kami memang memikirkan ke arah sana. Dengan kompetisi yang seperti ini, perangkat pertandingan nasibnya bagaimana?," kata Sonhadji dilansir Bolasport.com dari Warta Kota.