Catalunya Umumkan MotoGP Barcelona 2020 Ditunda meski Belum Resmi

By Muhamad Husein - Senin, 6 April 2020 | 14:20 WIB
Valentino Rossi saat masih membela tim Ducati pada MotoGP musim 2011-2012 (twitter.com/VRACER_Kassim)

BOLASPORT.COM - Otoritas Catalunya, Spanyol mengumumkan untuk menunda penyelenggaraan MotoGP Barcelona yang rencananya dijadwalkan pada tanggal 5-7 Juni mendatang.

Pihak Catalunya memang belum mengeluarkan edaran resminya soal pengunduran ini. Tetapi, pemerintah setempat sudah memberikan sinyal kuat untuk menunda ajang balap tersebut.

"Tidak ada balapan Formula One (F1) atau MotoGP Catalunya yang diselenggarakan pada tanggal yang sudah ditentukan," kata Sekretaris Jendral Bidang Olahraga Catalunya, Gerard Figueras dilansir dari Crash.

"Sampai saat ini, keputusan untuk membatalkan dua ajang tersebut belum ada. Tetapi, kami masih menunggu apakah jadwal bisa digeser," ujar Figueras.

Baca Juga: Asosiasi Bulu Tangkis Jepang Perpanjang Kontrak Pelatih Asing

Dari negara-negara di seluruh Eropa, Italia dan Spanyol merupakan dua negara yang terkena infeksi paling besar dari virus corona.

Dengan kabar ini, Barcelona makin menjauh dari ajang MotoGP menyelenggarakan seri ke-8 dengan jadwal seri pembuka pada 31 Mei di Sirkuit Mugelo, Italia yang juga kemungkinan akan ditunda.

Dengan situasi seperti ini, Spanyol dan Italia sama-sama kesulitan menyelenggarakan balapan.

Dorna Sports selaku penyelenggara balapan harus merevisi balapan pertama MotoGP 2020 menjadi 21 Juni pada GP Jerman di Sirkuit Sachsenring. 

Namun, nasib Jerman saat ini juga tengah menghadapi situasi yang serius atas pandemi COVID-19 karena tercatat sudah lebih dari 100.000 kasus yang terinfeksi virus corona.