Ada Valentino Rossi dan Marc Marquez, Inilah Deretan Pembalap Tersukses Repsol Honda

By Agung Kurniawan - Rabu, 29 April 2020 | 09:30 WIB
Valentino Rossi saat membalap untuk tim Repsol Honda pada MotoGP musim 2003 (https://twitter.com/zdravkost)

BOLASPORT.COM - Sederet pembalap telah berhasil membawa Repsol Honda menjadi juara di kelas utama ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP.

Tidak bisa dipungkiri, dominasi Honda di MotoGP tidak terbantahkan lagi sejak mereka memutuskan untuk bekerja sama dengan perusahaan migas asal Spanyol, Repsol, pada 1995.

Di antara banyak pembalap yang membela tim berlogo sayap tunggal itu, ada nama-nama yang selalu melekat dalam ingatan para penggemar.

Sejak 1995, pabrikan asal Jepang itu sudah mengumpulkan total 15 gelar juara dunia di kelas tertinggi sejak era 500cc hingga berganti ke MotoGP.

Baca Juga: Formula 1 Agendakan Mulai Balapan di Austria pada Juli

Kesuksesan mereka dimulai dari penampilan gemilang yang ditunjukkan oleh rider asal Australia, Mick Doohan, pada 1995 di atas motor legendaris NSR 500.

Menyandang status sebagai juara bertahan pada musim sebelumnya, dia mampu meraih 10 podium dengan 7 kemenangan dari total 13 seri balap yang diperlombakan.

Dominasinya bertahan hingga musim 1998 sebelum akhirnya rekan setimnya kala itu, Alex Criville, mampu menggantikannya sebagai juara dunia yang baru pada 1999.

Setelah usainya era Mick Doohan, muncul Valentino Rossi yang sebelumnya berhasil mengejutkan dunia usai meraih gelar juara bersama tim satelit Honda, Nastro Azzurro, pada musim 2001.

Baca Juga: Walau Sudah Bebas Virus Corona, Nasib F1 GP Vietnam 2020 Belum Pasti