Tradisi Persib Bandung Lebih Sukses Tanpa Pelatih Asing, Bagaimana Musim Ini?

By Wila Wildayanti - Kamis, 7 Mei 2020 | 19:45 WIB
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, punya sosok rujukan untuk menghindari hoaks berita Covid-19. (PERSIB.co.id/Gregorius A.K )

BOLASPORT.COM - Tanpa ditukangi pelatih asing, Persib Bandung telah meraih kesuksesan dengan merebut tujuh gelar juara. Bisakah Robert Rene Alberts mengubah catatan tersebut musim ini?

Persib Bandung belakangan menjadi salah satu klub yang cukup sering menggunakan pelatih asing untuk mendapatkan prestasi lebih baik.

Namun, Persib Bandung justru meraih banyak kesuksesan dengan keluar sebagai jawara di masa lalu tanpa olah tangan dari pelatih asing.

Tim berjulukan Maung Bandung ini telah merasakan tujuh gelar juara di kompetisi sepak bola Indonesia.

Lima gelar juara berhasil dirasakan oleh Persib di kompetisi Perserikatan, yaitu pada tahun 1937, 1961, 1986, 1990, dan 1994.

Sedangkan untuk dua gelar lainnya yang telah diraih oleh tim kebanggaan warga Bandung itu adalah saat sudah memasuki era Liga Indonesia.

Gelar juara itu didapatkan Persib pada tahun 1995 dan 2014.

Baca Juga: Mengenang Gol Michael Essien ke Gawang Asisten Pelatih Shin Tae-yong dan Bawa Persib ke Puncak

Setelah itu hingga saat ini Maung Bandung masih harus berpuasa gelar juara.

Beberapa tahun terakhir ini, Persib mulai sering menggunakan jasa pelatih asing, tetapi hingga era Liga 1 ini, belum juga ada gelar juara yang didapatkan tim tersebut.