Susy Susanti Beri Penjelasan soal Status Magang Tontowi Ahmad

By Delia Mustikasari - Selasa, 19 Mei 2020 | 14:20 WIB
Kabid Binpres PP PBSI Susy Susanti saat menghadiri konferensi pers menjelang All England Open 2017 di pelatnas bulu tangkis, Cipayung, Jakarta Timur. (BADMINTON INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti memberikan penjelasan terkait status magang Tontowi Ahmad.

Pemain spesialis ganda campuran ini baru saja mengundurkan diri dari pelatnas terhitung Senin, 18 Mei 2020 dengan status terakhir sebagai pemain magang.

Setelah pasangan main Tontowi, Liliyana Natsir, memutuskan untuk mengundurkan diri pada awal 2019, Tontowi kemudian dipasangkan dengan pemain muda Winny Oktavina Kandow.

Baca Juga: Alasan Tontowi Enggan Dibuatkan Acara Perpisahan Pensiun seperti Liliyana

Bersama Winny, Tontowi diberikan kesempatan untuk bersaing dengan pasangan ganda campuran lainnya untuk memperebutkan tiket ke Olimpiade Tokyo 2020.

Pada 2019, Tontowi/Winny mengikuti 19 turnamen dan hasil akhirnya poin ranking mereka masih terlalu jauh untuk lolos kualifikasi olimpiade.

Mereka masih belum bisa melampaui dua ganda campuran Indonesia yang peringkatnya lebih tinggi yaitu Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Waktu promosi dan degradasi awal 2020, pelatih kepala ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky, melaporkan bahwa Winny akan dipasangkan kembali bersama partner sebelumnya yaitu Akbar Bintang Cahyono.

"Otomatis kalau kembali berpasangan dengan Akbar, berarti Winny tidak berpasangan lagi dengan Tontowi dan situasi ini membuat Tontowi sementara itu belum ada pasangan main," kata Susy dilansir BolaSport.com dari Badminton Indonesia.

Baca Juga: Tontowi Ahmad Sempat Kaget dengan Status sebagai Pemain Magang