Pandemi Covid-19 Antar Roger Federer Kalahkan Ronaldo dan Messi

By Diya Farida Purnawangsuni - Sabtu, 30 Mei 2020 | 16:05 WIB
Mantan petenis nomor satu dunia, Roger Federer. (TWITTER.COM/TENNISWORLDEN)

BOLASPORT.COM - Petenis flamboyan asal Swiss, Roger Federer, berhasil mengalahkan dua pesepak bola megabintang, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, sebagai atlet dengan bayaran tertinggi di dunia pada tahun 2020 yang dirilis Forbes.

Hal ini menjadikan Roger Federer sebagai petenis pertama sepanjang sejarah yang mampu memuncaki daftar atlet berpenghasilan terbanyak sedunia.

Tahun lalu, gelar tersebut dipegang oleh pesepak bola Argentina yang membela klub Barcelona, Lionel Messi.

Kesuksesan Federer mengudeta posisi Messi tak lepas dari pandemi virus Corona alias Covid-19 yang tengah melanda belahan bumi sejak awal Maret lalu.

Akibat pandemi itu, gaji para pesepak bola bintang termasuk Messi dan Ronaldo mengalami pemotongan.

Alhasil, pundi-pundi kekayaan Messi dan Ronaldo pun menurun hingga akhirnya disalip Federer yang mayoritas penghasilannya didapat dari endorsement.

Baca Juga: Conor McGregor Siap Jawab Tantangan Duel dari Anderson Silva

Dilansir BolaSport.com dari BBC, Federer memiliki kekayaan senilai 86,2 juta poundsterling (Rp 1,56 triliun) dan 81 juta poundsterling (Rp 1,46 triliun) di antaranya berasal dari endorsement.

"Pandemi virus Corona memicu pemotongan gaji untuk bintang sepak bola Messi dan Ronaldo, memberi jalan kepada petenis menempati peringkat teratas atlet dengan bayaran tertinggi untuk kali pertama," ucap editor senior Forbes Kurt Badenhausen.

"Roger Federer adalah sosok sempurna untuk wajah sebuah perusahaan, menghasilkan portfolio endorsement dari merek-merek blue-chip (terkenal) senilai 100 juta dolar AS dalam jangka setahun," kata Badenhausen lagi.