On This Day - Cristiano Ronaldo Tinggalkan Man United, Pecahkan Rekor, dan Disambut Real Madrid

By Rebiyyah Salasah - Kamis, 11 Juni 2020 | 06:35 WIB
Cristiano Ronaldo resmi diperkenalkan ke publik Santiago Bernabeu oleh Real Madrid pada 6 Juli 2009. (TWITTER.COM/ENGLISH_AS)

BOLASPORT.COM - Hari ini sebelas tahun lalu, megabintang sepak bola dunia, Cristiano Ronaldo, memecahkan rekor saat meninggalkan Manchester United dan membuka lembaran sejarah di Real Madrid.

Manchester United bisa jadi tidak pernah mendapatkan pemain seperti Cristiano Ronaldo lagi, pemain yang prestasinya melampaui legenda klub seperti Eric Cantona, George Best, maupun David Beckham.

Cristiano Ronaldo didatangkan Manchester United pada 2009 dari Sporting Lisbon hanya dengan harga 19 juta euro atau sekitar 304 miliar rupiah dengan nilai tukar saat ini.

Dalam enam tahun kariernya di Old Trafford, Ronaldo mengoleksi 118 gol dalam 292 laga, meraih satu trofi Liga Champions dan tiga gelar Liga Inggris berturut-turut.

Baca Juga: Bek-bek Tangguh Italia Bikin Cristiano Ronaldo Ubah Gaya Bermain di Juventus

Kemudian, tiba-tiba kisah manisnya bersama klub berjulukan Setan Merah itu berakhir.

Pada 11 Juni 2009, tepatnya 11 tahun yang lalu, Man United setuju untuk melepas aset mereka ke Real Madrid.

Meskipun pelatih Man United saat itu, Sir Alex Ferguson, mengaku tak akan menjual Ronaldo pada enam bulan sebelumnya, pihak klub menyepakati kepergian pemain tersebut.

Ronaldo kemudian diperkenalkan ke publik Santiago Bernabeu pada 6 Juli 2009.