Lin Dan Pensiun, Batal Gunakan Pidato yang Disiapkan Sejak 2014

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 4 Juli 2020 | 21:57 WIB
Pebulu tangkis putra China, Lin Dan saat melawan pebulu tangkis putra Kanada, Jason Anthony Ho-Shu, pada babak kesatu turnamen Indonesia Open 2019 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Senin (16/7/2019). (FERI SETIAWAN/BOLASPORT.COM )

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis tunggal putra, Lin Dan, memutuskan untuk pensiun. Pidato 'perpisahan' yang disiapkan pada 2014 batal digunakan.

Era pebulu tangkis tunggal putra legendaris, Lin Dan, resmi terakhir setelah dirinya memutuskan gantung raket pada Sabtu (4/7/2020).

"Setelah 20 tahun. Saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Sangat sulit untuk mengungkapkannya," tulis Lin Dan, dilansir BolaSport.com dari The Straits Times.

"Saya telah mendedikasikan semuanya untuk olahraga yang saya cintai ini. Keluarga, pelatih, rekan setim, dan fan telah menemani saya dalam masa senang maupun susah."

"Sekarang saya (hampir) berusia 37 tahun, dan kebugaran fisik serta rasa sakit ini tidak lagi memungkinkan saya untuk berjuang berdampingan bersama teman satu tim."

Baca Juga: Ketika BWF Kenang Kejeniusan Lin Dan di Atas Lapangan Bulu Tangkis

Lin Dan menjadi anggota terakhir dari kuartet tunggal putra legendaris, F4, yang menyatakan pensiun dari dunia tepok bulu.

Sekadar informasi, F4 adalah julukan untuk empat pemain tunggal putra papan atas pada awal 2000an yaitu Peter Gade, Taufik Hidayat, Lin Dan, dan Lee Chong Wei.

Ditambah dengan prestasinya yang sudah komplet di jagat bulu tangkis, tidak mengherankan jika Lin Dan bolak-balik ditanya kapan akan berhenti berkompetisi.

Baca Juga: Lin Dan Pensiun, Para Pebulu Tangkis Dunia Beri Salam Perpisahan