Inilah 8 Kemenangan Terbaik Lin Dan Sepanjang Kariernya Menurut BWF

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 7 Juli 2020 | 14:15 WIB
Pebulu tangkis putra China, Lin Dan saat melawan pebulu tangkis putra Kanada, Jason Anthony Ho-Shu, pada babak kesatu turnamen Indonesia Open 2019 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Senin (16/7/2019). (FERI SETIAWAN/BOLASPORT.COM )

BOLASPORT.COM - Kabar pensiunnya legenda bulu tangkis dunia asal China, Lin Dan, tentu menjadi kehilangan besar bagi olahraga tepok bulu.

Hal ini tidak lepas dari deretan prestasi yang diraih Lin Dan dalam 20 tahun kariernya sebagai atlet bulu tangkis.

Selain pernah menjadi pemain tunggal putra nomor satu dunia, Lin Dan juga meraih gelar juara dunia, medali emas Olimpiade, Piala Thomas, Piala Sudirman, serta sejumlah titel kampiun turnamen-turnamen internasional prestisius termasuk All England Open dan China Open.

Maka wajar jika pada akhirnya sosok kelahiran Fujian, China, 36 tahun lalu itu, mendapat julukan Super Dan.

Baca Juga: Presiden WBC Ingin Saksikan Mike Tyson Bertarung Sebanyak 3 Kali

Sepanjang berkarier, persaingan Lin Dan memang didominasi oleh Taufik Hidayat (Indonesia), Peter Gade (Denmark), dan Lee Chong Wei (Malaysia).

Bersama, mereka dijuluki sebagai Fantastic Four.

Namun, setelah Gade pensiun pada tahun 2012 dan Taufik menggantungkan raketnya pada tahun 2014, rival Lin Dan hanya tersisa dalam diri Lee Chong Wei.

Sampai akhirnya Lee Chong Wei juga memutuskan untuk menyudahi karier bulu tangkisnya pada tahun lalu karena masalah kesehatan.

Kini, setelah tak lagi memiliki lawan seangkatan, Lin Dan pun berpamitan dari panggung bulu tangkis.