Bukan tidak Diurus, Ini Alasan Permasalahan Ezra Walian di Timnas tak Kunjung Usai

By Rinaldy Azka Abdillah - Kamis, 20 Agustus 2020 | 21:10 WIB
Penyerang PSM Makassar, Ezra Walian, saat menghadapi Persita Tanggerang di Stadion Sport Centre, Tangerang (6/3/2020) (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Sebelumnya Indonesia sempat kedatangan pemain naturalisasi muda asal Belanda, yakni Ezra Walian.

Pemain yang saat ini berusia 22 tahun itu mulai tidak bisa membela timnas Indonesia sejak Asian Games lalu.

Kala itu Ezra Walian terganjal izin dari klubnya yang ia bela, yakni RKC Waalwijk yang berlaga di kasta kedua Liga Belanda.

Setelah itu, Ezra Walian gagal memperkuat timnas Indoensia karena terbentur regulasi FIFA soal Regulations Governing the Application of the Statutes yang terdapat di pasal 8 statuta FIFA.

Baca Juga: Seusai Libur, Timnas U-19 Indonesia Kembali Jalani Latihan

Menanggapi permasalahan Ezra Walian, Direktur Teknik timnas Indonesia, Indra Sjafri mengelak bahwa PSSI enggan mengurus permasalahan pemain kelahiran Belanda tersebut.

Menurutnya PSSI justru tidak dapat melakukan apa-apa selain menunggu selama dua tahun.

"Soal Ezra Walian, kalau nanya kenapa PSSI tidak mengurus? Karena tidak bisa diurus karena urusannya harus menunggu dua tahun, jadi jangan disalahkan juga PSSI kenapa Ezra Walian tidak diurus karena rulenya begitu," ucapnya seusai menemani pemusatan latihan timnas U-19 Indonesia yang juga dihadiri oleh Bolasport.com, Kamis (20/8/2020).

Baca Juga: 30 Pemain Timnas U-19 Indonesia Bakal Dibawa TC ke Kroasia

Selain itu, terkait jaminan pemain ke timnas menurutnya ada dua hal yang membuat pemain tersebut bisa masuk timnas Indonesia.