Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu Dituduh Melakukan Korupsi

By Adi Nugroho - Jumat, 4 September 2020 | 16:10 WIB
Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu (TWITTER.COM/FENOMENALJOAOXO)

BOLASPORT.COM - Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, telah dituduh melakukan tindak korupsi oleh kepolisian Catalunya.

Polisi Catalunya telah menyampaikan laporan ke pengadilan Barcelona yang menuduh presiden FC Barcelona Josep Maria Bartomeu melakukan korupsi seperti dilansir BolaSport.com dari El Mundo.

Tuduhan tersebut terkait dengan kasus yang dikenal sebagai 'Barcagate' dan mengklaim bahwa Bartomeu secara pribadi memperoleh keuntungan finansial dari kesepakatan yang dilakukan atas nama klub.

Kisah 'Barçagate' muncul sehubungan dengan dokumen yang dilaporkan menunjukkan cara kerja internal dan transaksi keuangan klub, yang menyebabkan keributan di media Spanyol.

Baca Juga: Rekrutan Termahal Kedua Barcelona Ingin Lionel Messi Bertahan

Awal tahun ini, laporan Cadena Ser mengungkapkan dokumen tersebut yang tampaknya menunjukkan klub membayar pihak ketiga untuk merusak reputasi individu, termasuk pemain mereka sendiri Lionel Messi dan Gerard Pique.

Terlepas dari kebenaran laporan tersebut, kini Lionel Messi dan Gerard Pique memang menjadi pihak yang bertentangan dengan Bartomeu.

Sosok yang identik dengan Blaugrana seperti Xavi Hernandez, Carles Puyol dan Pep Guardiola juga termasuk di antara mereka yang diduga menjadi sasaran, bersama dengan calon presiden Agusti Benedito dan Victor Font.

Baca Juga: Keluarga Sahabat Donny van de Beek Terharu dengan Pilihan Nomor Punggung

Pihak ketiga yang dimaksud dalam kasus 'Barcagate' adalah perusahaan I3 Ventures, yang diduga digunakan untuk mempromosikan pesan mereka sendiri baik di Twitter dan Facebook untuk mendiskreditkan orang lain.