Naturalisasi Tak Diurus Vietnam, Kiper Keturunan Pilih Timnas Rep. Ceska yang Bermain di UEFA Nations League

By Bagas Reza Murti - Selasa, 8 September 2020 | 11:30 WIB
Filip Nguyen, penjaga gawang keturunan Vietnam yang kini membela Slovan Liberec di kasta tertinggi Liga Republik Ceska. (TWITTER.COM/MINHDUONGIT)

BOLASPORT.COM - Kiper keturunan Vietnam asal Repubik Ceska, Filip Nguyen akhirnya lebih memilih memenuhi panggilan timnas Republik Ceska untuk ajang UEFA Nations League ketimbang menyelesaikan proses naturaliasi menjadi warga negara Vietnam.

Filip Nguyen sebelumnya menyatakan kesiapannya melakukan naturalisasi agar bisa masuk timnas VietNam pada September 2019 lalu.

"Profil saya sudah sesuai dengan syarat pemerintah Vietnam. Saat ini, saya menunggu respons dan konfirmasi dari pemerintah Vietnam," kata Filip Nguyen dilansir BolaSport.com dari fanpage pribadinya.

Hal itu juga dibenarkan oleh Sekjen Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF).

"Hal ini masih dalam proses. Secepatnya jika sudah ada hasil, kami akan mengumumkan di media," ujar Sekjen VFF kala itu seperti dikutip dari Bongda.

Baca Juga: VIDEO - Saat Mason Greenwood dan Phil Foden Ajak Gadis Islandia Masuk Hotel Timnas Inggris

Bahkan Filip Nguyen digadang-gadang bisa tampil membela timnas Vietnam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun, proses naturalisasi Filip Nguyen terhambat karena ia tak memenuhi syarat tinggal dan tidak memiliki kemampuan bahasa Vietnam.

Maka VFF diminta oleh Kementrian Kehakiman Vietnam untuk melakukan beberapa prosedur yang bisa mempercepat proses naturaliasi.