Marc Klok dan Tiga Atlet Basket akan Segera Berstatus Sebagai WNI

By Rinaldy Azka Abdillah - Senin, 5 Oktober 2020 | 17:00 WIB
Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, ketika menghadapi Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Melawai, Jakarta Selatan (14/3/2020) (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Gelandang Persija Jakara asal Belanda, Marc Klok, akan segera jalani proses naturalisasi.

Hal itu diungkapkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly, usai mendukung penuh permohonan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menaturalisasi Marc Klok.

Selain Marc Klok, Kemenpora juga turut mengajukan tiga pebasket asal Amerika Serikat, Kanada dan Pulau Virgin untuk menjadi seorang warga negara Republik Indonesia.

Mereka adalah Brandon Jawato, Kimberly Pierre-Louis, dan Lester Prosper.

Baca Juga: Pilar Asing Bali United Curhat Hiruk-pikuk Penundaan Liga 1 hingga Pilkada

Dukungan pemerintah disampaikan dalam rapat kerja virtual bersama Komisi III DPR RI, Kemenpora, Ketua Umum PSSI, serta Ketua Umum PB Perbasi, Senin (5/10/2020).

“Pemerintah RI mendukung pemberian kewarganegaraan RI yang dimohonkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga atas nama Brandon Van Dorn Jawato, Kimberly Pierre-Louis, Lester Prosper, serta Marc Anthony Klok,” ucap Yasonna Laoly seperti rilisan yang diterima Bolasport.com, Senin (5/10/2020).

“Kami berharap melalui kehadiran mereka dapat memberikan prestasi yang mengharumkan nama bangsa, dalam hal ini melalui bola basket dan sepak bola. Pada sejumlah cabang seperti bulutangkis, Indonesia memang sudah berprestasi di level internasional."

"Tetapi pada beberapa cabang lainnya seperti bola basket dan sepak bola, kita masih membutuhkan bakat-bakat dari negara lain yang mau mengabdikan dirinya bagi Tanah Air,” tambahnya.

Baca Juga: Arema FC Resmi Lepas Satu Pemain Lokal