Marc Marquez Beda Pendapat dengan Valentino Rossi soal Ide Komunikasi Radio di MotoGP

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 7 Oktober 2020 | 10:00 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berharap bisa sesegera mungkin kembali berlomba setelah absen panjang karena cedera patah tulang humerus kanan. (HONDA RACING CORPORATION)

BOLASPORT.COM - Marc Marquez memiliki pendapat yang berbeda dengan Valentino Rossi perihal rencana MotoGP menerapkan komunikasi radio.

MotoGP telah melakukan uji coba terhadap teknologi komunikasi radio bagi pembalap.

Teknologi tersebut bertujuan untuk memperbaiki penyaluran informasi kepada pembalap mengenai kondisi terkini di lintasan dan penalti.

Komunikasi melalui earphone yang terpasang di telinga pembalap diyakini akan lebih efektif ketimbang isyarat bendera yang kini menjadi pakem.

Baca Juga: Cuma Sediakan Motor Lama di Tes Portimao, Yamaha Tak Percaya Jorge Lorenzo?

Namun demikian, tidak semua pembalap menyambut baik rencana perihal komunikasi radio ini.

Apalagi setelah Managing Director Dorna, Carlos Ezpeleta, menyatakan adanya kans untuk memperluas fungsi tersebut ke arah komunikasi antara tim dan pembalap.

Pol Espargaro misalnya. Dilansir dari The-Race, dia khawatir peran pembalap akan berkurang apabila komunikasi dengan tim saat balapan diperbolehkan.

"Jika kami menggunakan radio, apa yang terjadi berikutnya adalah kru di garasi yang memegang kendali dan memberi tahu pembalap apa yang harus dilakukan," katanya.

Baca Juga: Update Pembalap MotoGP 2021 - 3 Kursi Tersisa, Adik Valentino Rossi Salah Satu Kandidatnya