Honda Cuma Fokus ke Marc Marquez, Mick Doohan: Itu Bukan Aib

By Agung Kurniawan - Kamis, 15 Oktober 2020 | 11:00 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, meraih posisi start ketiga pada kualifikasi MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Spanyol, 18 Juli 2020. (HONDA RACING CORPORATION)

BOLASPORT.COM - Mantan pembalap kelas 500cc, Mick Doohan, menilai bahwa keputusan Honda yang selalu fokus kepada Marc Marquez soal pengembangan motor mereka bukanlah sebuah aib.

Absennya Marc Marquez akibat cedera tentu sangat berdampak besar bagi timnya Repsol Honda yang pada MotoGP 2020 tampak kesulitan untuk selalu bisa bersaing di baris depan.

Hal itu karena para pembalap Honda yang ada saat ini belum mampu memanfaatkan segenap potensi di motor RC213V setara dengan yang telah ditunjukkan Marc Marquez.

Kepiawaian dalam menjinakkan RC213V membuat Marc Marquez berhasil mempersembahkan enam gelar juara dunia sejak mendarat di kelas utama pada musim 2013 lalu.

Baca Juga: Manajer Repsol Honda Menyesal Turuti Kenekatan Marc Marquez di MotoGP 2020

Atas dasar itulah, tak berlebihan jika Honda mengarahkan fokusnya kepada rider berjuluk The Baby Alien tersebut dalam pengembangan motor RC213V, terlebih setelah pensiunnya Dani Pedrosa.

Dalam perjalannya, pabrikan asal Jepang itu tidak bisa lepas dari nada miring dan sorotan tajam banyak pihak menyusul mereka dinilai telah sangat bergantung kepada Marc Marquez.

Terbukti pada musim ini, Honda khusunya melalui tim pabrikan mereka yakni Repsol Honda tak bisa berbuat banyak setelah rider asal Spanyol itu harus menepi untuk sementara waktu.

Bagaimana tidak? Tim arahan Alberto Puig itu baru mengemas satu kali podium saja melalui Alex Marquez yang tampil gemilang pada balapan kesembilan MotoGP 2020 di Sirkuit Le Mans, Prancis.

Baca Juga: 'Marc Marquez Tetap Akan Bermasalah dengan Honda jika Tidak Cedera'