Kisah Pemain Sevilla FC jadi Inspirasi Kevin Diks untuk Bisa Bela Timnas Indonesia

By Wila Wildayanti - Sabtu, 24 Oktober 2020 | 17:45 WIB
Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Kevin Diks saat diskusi virtual bersama beberapa media Indonesia terkait naturalisasi. (WILA WILDAYANTI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Kevin Diks, mengaku terinspirasi dengan pemain Sevilla FC, Munir El Haddadi untuk bisa jadi naturalisai.

Kevin Diks memang hingga saat ini memiliki keinginan untuk dinaturaliasai agar bisa menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Keinginan dan harapannya memperkuat timnas Indonesia telah diungkapkannya beberapa bulan lalu, bahkan PSSI juga sebelumnya telah menghubunginya.

Namun, setelah tiga bulan hingga saat ini PSSI belum kembali menghubunginya lagi walaupun sebelumnya telah berbicara terkait naturalisasi.

Baca Juga: Wonderkid Timnas Malaysia Bikin Sejarah di Eropa

Tetapi akhir-akhir ini PSSI memberi penyataan bahwa pemain berusia 24 tahun tersebut tak bisa dinaturalisasi jika mengacu pada Statuta FIFA.

Jika dari statuta FIFA pasal 5 ayat 2 tahun 2019 yang menyebutkan pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi FIFA tidak berhak untuk membela asosiasi lain pada pertandingan internasional.

Sementara untuk Statuta FIFA terbaru 2020, menyatakan pemain memiliki syarat membela suatu negara bukan membatasi perpindahan pemain.

Meski ada pernyataan seperti itu, Kevin Diks masih memiliki harapan tinggi untuk bisa berpaspor WNI, bahkan ia mencontohkan beberapa hal terkait pemain yang pernah berada diposisinya.