Setelah Antar Mercedes, Lewis Hamilton Juga Bisa Raih Gelar Juara Dunia ke-7

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 2 November 2020 | 09:40 WIB
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, mengacungkan jempol ke arah timnya usai memastikan diri menjadi juara GP Toskana 2020 di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu (13/9/2020). (TWITTER/F1)

BOLASPORT.COM - Kemenangan Lewis Hamilton pada balapan Formula 1 (F1) GP Emilia Romagna 2020 yang berlangsung di Sirkuit Imola, Italia, akhir pekan lalu memastikan timnya, Mercedes, meraih gelar juara dunia konstruktor ketujuh secara beruntun.

Bersama Valtteri Bottas, rekan setimnya yang finis di urutan kedua, Lewis Hamilton membuat Mercedes kini punya 479 poin.

Jumlah poin tersebut sudah tidak bisa disamai atau bahkan dilampaui para tim rival dengan empat balapan tersisa.

Pesaing terdekat Mercedes, Red Bull Racing-Honda, saat ini baru punya 226 poin, terpaut 253 poin.

Dengan empat balapan tersisa, poin maksimal yang bisa diraih Red Bull Racing ialah 172.

Perhitungannya, empat kali 25 poin untuk pemenang balapan (100) dan empat kali 18 poin untuk sang runner-up (72).

Baca Juga: Update Klasemen F1 2020 - Hamilton Bertahan di Puncak, Mercedes Cetak 7 Kemenangan Beruntun

Fakta ini pun membuat Mercedes berhasil mengukir sejarah baru yakni meraih gelar juara dunia konstruktor tujuh musim berturut-turut.

Sebelumnya, Mercedes setara dengan Ferrari, sama-sama mendapatkan titel kampiun dunia konstruktor selama enam musim beruntun.

"Saya melihat para kru saya, tim yang ada di sini, dan saya tahu semua pria dan wanita yang ada di pabrik di Brackley dan Brixwort, mereka adalah pahlawan yang tidak dikenal," tutur Hamilton seusai balapan, dikutip dari Crash.