Persaingan Ketat, Indonesia Optimis Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

By Wila Wildayanti - Rabu, 4 November 2020 | 19:45 WIB
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari (NOC Indonesia)

BOLASPORT.COM - Untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Indonesia harus siap bersaing dengan enam negara-negara kuat seperti Jerman hingga Qatar.

Sukses menyelenggarakan Asian Games dan Asian Para Games 2018 membuat Indonesia memiliki harapan lebih tinggi untuk mengangkat martabat bangsa, yakni dengan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Dalam rapat terbatas (Ratas), Rabu (4/11/2020), Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa Indonesia telah mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Dari Presiden RI hingga Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari memiliki kepercayaan diri bahwa Indonesia layak.

Baca Juga: Usai Evander Holyfield, Mike Tyson Juga Diincar Mantan Bintang Hoki

Bahkan Raja Sapta Oktohari optismis Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, walaupun harus melalui persaingan ketat.

Indonesia harus bersaing dengan negara-negara kuat seperti Australia, Unifikasi Korea, India, China, Jerman, dan Qatar untuk jadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Meski mengakui harus bersaing untuk merebutkan jatah tuan rumah event empat tahunan tersebut, Raja Sapta Oktohari mengatakan Indonesia memiliki keunggulan.

"Kami juga dalam ratas tadi sampaikan keunggulan yang dimiliki Indonesia yang cukup percaya diri berkompetisi dengan negara-negara lain mengingat keadaan cuaca maupun suhu yang relatif stabil di Indonesia, keamanan, keramahan, kuliner, keindahan, dll menjadi pertimbangan utama," kata Raja Sapta Oktohari dalam konferensi pers yang turut dihadiri BolaSport.com, Rabu (4/11/2020).