Akibat Apes, 2 Pembalap Gagal Cegah Pesta Juara Joan Mir pada MotoGP 2020

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 16 November 2020 | 18:40 WIB
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, menjadi juara MotoGP musim 2020 setelah seri balap GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, 15 November 2020. (WWW.SUZUKI-RACING.COM)

BOLASPORT.COM - Menjadi juara tidak hanya memerlukan usaha dan kemampuan. Faktor keberutungan pun turut berandil dalam perburuan gelar juara MotoGP 2020.

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, telah memastikan diri sebagai juara MotoGP 2020 setelah menyelesaikan balapan seri ke-14 di Valencia, Minggu (16/11/2020).

Finis di posisi ketujuh pada balapan bertajuk GP Valencia itu sudah cukup untuk membuat Joan Mir memastikan diri sebagai juara MotoGP 2020.

Keunggulan 29 poin yang ditorehkan Mir dari pesaing terdekat sudah tidak mungkin dikejar dengan satu balapan tersisa pada musim ini.

Baca Juga: Catatan Joan Mir, Rengkuh Gelar MotoGP Lebih Cepat dari Valentino Rossi dan Marc Marquez

Keberhasilan Mir merebut titel juara MotoGP 2020 memupuskan harapan para pembalap yang sebelumnya terlibat dalam persaingan.

Padahal ada beberapa pembalap yang memiliki potensi untuk membawa perburuan titel juara berlangsung hingga seri pamungkas.

Sayangnya, faktor keberuntungan menghalangi mereka.

Sebagai catatan, pembalap yang masuk dalam daftar bukanlah pembalap yang 'apes' karena mengalami kesulitan dengan motor balap mereka.

Baca Juga: Sejak 2002, Hanya 1 Pembalap dari Tim Non-Jepang yang Jadi Juara Dunia MotoGP