Dorna Sebut Indonesia Minta Lintasan Cadangan untuk MotoGP Mandalika 2021

By Delia Mustikasari - Sabtu, 19 Desember 2020 | 10:30 WIB
Proses pembangunan Sirkuit Mandalika di NTB. (ANTARA/HO-PT PP)

BOLASPORT.COM - Pekerjaan konstruksi di Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia mengalami kemajuan yang luar biasa.

Setelah Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal digunakan sebagai trek balap pengganti pada musim MotoGP sebelumnya, tidak kurang dari tiga trek balap masuk dalam daftar sebagai lokasi alternatif untuk 2021.

Portimao (Portugal), Sirkuit jalan Internasional Mandalika (Indonesia), dan Sirkuit Igora dekat St. Petersburg. Petersburg (Rusia) dapat turun tangan jika balapan MotoGP lain harus dibatalkan karena corona.

Baca Juga: KTM Menanti Kerjasama dengan Rossi- Tim Sky VR46 pada MotoGP 2022

Pembangun Sirkuit Jalan Internasional Mandalika di pulau Lombok dekat Bali sudah mempresentasikan proyeknya pada GP Qatar 2018.

Indonesia sebenarnya harus kembali masuk kalender paling cepat 2021 setelah mengoperasikan Sirkuit Sentul di dekat Jakarta pada 1996 dan 1997.

Namun, rencana awal balapan di aelambang tidak terwujud dan pekerjaan konstruksi juga tertunda di Lombok.

Sementara itu, Indonesia dapat menyelenggarakan Grand Prix pertama pada 2021 jika salah satu balapan luar negeri di Motegi, Buriram, Phillip Island, atau Sepang dibatalkan.

Pasalnya, saat ini Indonesia telah membuat kemajuan besar dengan pekerjaan konstruksi dengan trek balap non permanen (panjang 4,3 km, 14 tikungan).

Perusahaan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC), perusahaan pariwisata terbesar di Indonesia (milik negara), berencana menjadi tuan World Superbike pada 2021.