20 Tahun Kosong, Takhta Juara Tinju Sejati Kelas Berat Siap Terisi pada 2021

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 21 Desember 2020 | 16:00 WIB
Ilustrasi poster pertandingan tinju Anthony Joshua (kiri) vs Tyson Fury (kanan). Dua juara dunia kelas berat itu dikabarkan telah menemukan kesepakatan verbal untuk pertarungan pada 2021. (TWITTER.COM/DAZNBOXING)

BOLASPORT.COM - Juara tinju sejati di kelas berat berpeluang besar untuk hadir kembali menyusul kesepakatan verbal antara Anthony Joshua dan Tyson Fury.

Wacana pertandingan penyatuan gelar untuk juara sejati kelas berat terus berkembang dengan melibatkan nama Anthony Joshua dan Tyson Fury.

Anthony Joshua sukses mempertahankan empat sabuk juara dunia dari empat organisasi tinju berbeda yaitu WBA, IBF, WBO, dan IBO.

Sementara Tyson Fury menjadi juara dunia WBC sejak mengalahkan Deontay Wilder pada Februari silam di samping menyandang titel juara lineal dan The Ring.

Baca Juga: Raja Tinju Sudah Bersabda, Tolak Laga Abal-abal dengan Youtuber Bersaudara

Pertandingan antara Anthony Joshua dan Tyson Fury berpeluang untuk menghadirkan undisputed champion atau juara sejati di kelas berat.

Sebagai informasi, gelar juara sejati hanya boleh disandang oleh petinju yang mampu mengawinkan empat sabuk juara mayor (WBC, WBA, IBF, WBO) di divisinya.

Sejak standar juara sejati dinaikan menjadi empat gelar pada 2004, baru ada empat petinju di dunia yang mampu merebut gelar prestisius tersebut.

Adapun ketika berbicara soal kelas berat, tidak ada juara sejati yang hadir sejak Lennox Lewis kehilangan salah satu gelarnya pada 2000.

Baca Juga: Roy Jones Jr Yakin Mike Tyson Tak Bisa Kalahkan Dirinya di Masa Lalu