Honda Bisa Hancur Tanpa Marc Marquez, MotoGP 2020 Jadi Bukti

By Agung Kurniawan - Selasa, 5 Januari 2021 | 11:10 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, hampir melakukan comeback impresif andai tidak mengalami kecelakaan pada balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Spanyol, 19 Juli 2020. (HONDA RACING CORPORATION)

BOLASPORT.COM - Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, menyorot tajam kinerja tim Repsol Honda Honda yang tak diperkuat Marc Marquez nyaris sepanjang MotoGP 2020.

Tim Repsol Honda mengalami kondisi sulit sepanjang musim lalu karena mereka tidak diperkuat sang pembalap andalan sekaligus juara dunia bertahan, Marc Marquez.

Kehadiran Marquez di tim pabrikan Honda itu memang sentral.

Tak bisa dimungkiri bahwa pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut adalah sosok penting Honda dalam melanggengkan dominasi pada beberapa musim terakhir ajang balap MotoGP.

Sejak menjalani debut pada tahun 2013, Marquez tampil perkasa dengan meraih enam gelar juara dunia MotoGP.

Baca Juga: Langkahi Valentino Rossi, Maverick Vinales Lebih Dahulu Dirikan Tim Balap dengan Motor Yamaha

Namun, dominasi Marc Marquez di kelas balap tertinggi runtuh untuk kali kedua setelah mendapat cedera serius di lengan kanannya.

Gelar juara dunia MotoGP pun jatuh ke tangan Joan Mir yang tampil konsisten bersama tim Suzuki Ecstar sepanjang tahun 2020.

Absennya Marquez juga membawa dampak besar bagi Honda.

Tanpa Marquez, tim pabrikan asal Jepang itu tak mampu berbicara banyak melalui dua pembalap mereka, Alex Marquez dan Stefan Bradl.