'Hanya' 9 Pemain Indonesia Go International, Bukti Susahnya Yakinkan Klub Luar Negeri Soal Kualitas Pemain Lokal

By Hugo Hardianto Wijaya - Selasa, 2 Februari 2021 | 07:00 WIB
Bek sayap PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, menjawab pertanyaan wartawan saat mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Agen pemain muda Indonesia, Muly Munial, mengatakan bahwa meyakinkan klub-klub luar negeri untuk merekrut pemain Indonesia bukan hal yang gampang.

Pandemi Covid-19 memang menjadi momok yang menakutkan bagi dunia sepakbola Tanah Air.

Bagaimana tidak, sudah hampir satu tahun tidak ada satu pun pertandingan resmi yang digelar di Indonesia akibat pandemi Covid-19.

Sejak Liga 1 dan Liga 2 2020 dihentikan pada Maret 2020 lalu, belum ada kompetisi lanjutan yang bergulir di kancah sepakbola nasional.

Baca Juga: Kisah Pilu dan Alasan Melvin Platje Hengkang dari Bali United

Namun di sisi lain, pandemi Covid-19 memberikan rejeki bagi segelintir pemain di Indonesia.

Setidaknya ada sembilan pemain yang awalnya berkarier di dalam negeri yang mendapat kesempatan bergabung dengan klub-klub luar negeri dalam periode enam bulan terakhir.

Mereka adalah Brylian Aldama, Bagus Kahfi, Ryuji Utomo, Syahrian Abimanyu, Todd Rivaldo Ferre, Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdani, Abanda Rahman, dan Khairul Imam Zakiri.

Jumlah itu masih belum menghitung rumor-rumor lain seperti Beckham Putra, Ferdinand Sinaga, Mohammad Kanu, Rendy Juliansyah, hingga Dallen Doke yang juga dilirik klub luar negeri.

Baca Juga: Resmi Bubarkan Tim, Sriwijaya FC Ungkap Alasan Serta Beri Ucapan Terima Kasih