Fabio Quartararo, Covid-19, dan Tekanan Tim Pabrikan pada MotoGP

By Delia Mustikasari - Selasa, 16 Februari 2021 | 21:10 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, pada peluncuran tim pada Senin (15/2/2021). (YAMAHA)

BOLASPORT.COM - Pembalap MotoGP asal Prancis, Fabio Quartararo, tampil secara resmi sebagai rider pabrikan Yamaha dalam acara peluncuran tim, Senin (15/2/2021) kemarin setelah melawan Covid-19 selama musim dingin.

Pertanyaan pertama untuk Fabio Quartararo tentu saja tentang kesehatannya. Quartararo mengaku sedikit menurunkan kewaspadaannya begitu musim MotoGP 2020 berakhir pada November.

"Dari Jerez sampai Portimao sangat ketat, saya selalu berada di rumah dengan kelompok yang sangat kecil. Tetapi, setelah Portimao Anda tidak memiliki refleks yang sama," kata Fabio Quartararo dilansir BolaSport.com dari Crash.

Baca Juga: Maverick Vinales Mengaku Bukan Pembalap Nomor 1 Yamaha Usai Menikah

"Anda tidak membersihkan tangan sebanyak yang Anda lakukan selama kejuaraan. Anda melepas masker terlalu lama dan saya terkena Covid-19," aku Quartararo.

"Saya mendapatkan Covid-19 dengan sangat buruk dan juga butuh setidaknya satu bulan untuk kembali 100 persen fit. Jadi saya sedikit khawatir, tetapi akhirnya saya senang karena saya telah mencapai level yang sangat bagus dan merasa sangat hebat," ucap pembalap 21 tahun itu.

Setelah melewati rintangan Covid, Quartararo sekarang memiliki lwaktu ebih dari dua minggu untuk menunggu sebelum melakukan debut lintasannya untuk tim Pabrikan Yamaha dalam tes pembuka di  Qatar.

Quartararo mendapatkan promosinya ke tim pabrikan Yamaha setelah dua tahun yang luar biasa bersama Petronas Yamaha.

Selama bergabung dengan Petronas Yamaha, Quartararo ini meraih tujuh podium pada musim rookie-nya (2019) diikuti oleh kemenangan balapan MotoGP pertama dan menjadi pemimpin klasemen juara dunia pada 2020.

Tetapi saat kejuaraan mendekati klimaksnya, Quartararo menukik dari posisi pertama menjadi kedelapan dalam klasemen.