PBVSI Jamin Penghargaan Aprilia Manganang di Kompetisi Nasional Tidak Dicabut

By Agung Kurniawan - Kamis, 11 Maret 2021 | 17:50 WIB
Aprilia Manganang dianugerahi penghargaan individu sebagai MVP/pemain terbaik untuk Proliga 2019. (instagram.com/manganang92)

BOLASPORT.COM - Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) angkat bicara mengenai kasus perubahan identitas gender yang dialami Aprilia Manganang.

Aprilia Manganang belum lama ini tengah menjadi perbincangan menyusul keputusannya untuk mengubah identitas gendernya.

Sudah dianggap perempuan sejak lahir, Aprilia Manganang dipastikan adalah seorang laki-laki setelah menjalani pemeriksan medis.

Kepastian mengenai jenis kelamin Aprilia Manganang dikonfirmasi oleh Kepada Staf Angkatan Darat (KSAD), Andika Perkasa, dalam konferensi pers pada Selasa (9/3/2021).

Baca Juga: PBVSI Tidak Pernah Tahu Identitas Gender Aprilia Manganang sebagai Laki-Laki

Dalam pernyataannya, Andika Perkasa menyebut bahwa Aprilia Manganang bukanlah seorang transgender atau interseks.

Mantan atlet voli yang juga berprofesi sebagai prajurit TNI AD tersebut mengalami kelainan medis langka yang disebut Hipospadia.

"Sersan Manganang ini bukan transgender, bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua," kata Andika Perkasa, dilansir dari Kompas.com.

"Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya. Karena memang kelainan yang dialami adalah hipospadia, jadi selalu kembalikan ke situ," imbuhnya.

Baca Juga: Pengakuan Kapten Timnas Voli Putri, Aprilia Manganang Selalu Lolos Tes Gender Berkat Bantuan PBVSI