Kabid Binpres PP PBSI Sebut Sistem Skor 5x11 Bakal Untungkan Indonesia

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 6 April 2021 | 21:50 WIB
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky. (BADMINTON INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Riony Mainaky, menyebut sistem skor 5x11 bakal memberi keuntungan bagi pemain-pemain Indonesia.

Diberitakan BolaSport.com sebelumnya, Indonesia (melalui PP PBSI) resmi mengajukan usulan perubahan sistem skor dari 3x21 ke 5x11.

Usulan ini bakal menjadi salah satu agenda pembahasan dalam Rapat Umum Tahunan 2021 BWF yang dijadwalkan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, 22 Mei mendatang.

Nantinya, BWF akan melakukan pemungutan suara alias voting untuk usulan tersebut.

Baca Juga: Lee Zii Jia Mengaku Cocok dengan Sistem Skor 5x11 yang Diajukan Indonesia

Andai 2/3 dari negara peserta rapat menyetujui usulan itu, maka sistem skor baru bakal mulai diberlakukan setelah penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020.

"Untuk perubahan skor ini, saya rasa pemain kita (Indonesia) tidak akan terlalu kaget karena dalam latihan sudah ada program seperti itu. Main dengan poin-poin kecil," tutur Rionny Mainaky, dikutip dari Badminton Indonesia.

"Pemain lebih suka (dengan sistem skor 5x11) karena dari segi teknik, kecepatan, dan skill, jadi lebih luwes. Kami menyambut baik dan gembira bila nanti memang jadi diterapkan," kata Rionny lagi.

Baca Juga: BWF Resmi Batalkan 2 Turnamen Lagi, Salah Satunya di Indonesia