Rencana Liga 1 Tanpa Sistem Degradasi akan Disampaikan ke FIFA dan AFC

By Ibnu Shiddiq NF - Sabtu, 8 Mei 2021 | 07:00 WIB
Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, memberikan keterangan kepada awak media seusai melepas timnas U-19 Indonesia ke Spanyol di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, 26 Desember 2020. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan pihaknya akan mengajukan wacana untuk menghapus sistem degradasi di Liga 1 2021 ke FIFA dan AFC.

Rencana Liga 1 tanpa degradasi awalnya bersumber dari hasil dari rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada 3 Mei 2021.

Mayoritas klub kasta tertinggi sepak bola Indonesia menyatakan setuju jika Liga 1 musim ini meniadakan turun divisi.

Baca Juga: Lengkap, Stasiun Televisi di Indonesia Ini akan Siarkan UEFA EURO 2020, Cuma Bayar Rp 30 Ribu

Usulan itu kemudian akan dibawa ke dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk dibahas.

Nantinya, usulan tersebut akan dimintakan persetujuan dalam Kongres PSSI yang dijadwalkan dihelat di Jakarta pada 29 Mei.

“Bahwa Exco PSSI mengakomodasi surat permohonan dari sebagian besar klub Liga 1 dan Liga 2 tentang permohonan kompetisi tanpa degradasi, namun tetap ada promosi, juara Liga 1 dan juara Liga 2 tetap ada,” kata Yunus dikutip dari laman resmi PSSI.

“Exco PSSI sebatas memutuskan dalam rapat Exco tanggal 3 Mei 2021 untuk memasukkan agenda ini ke dalam kongres. Nantinya kongres sebagai pengambil keputusan tertinggi dalam organisasi yang akan memutuskan karena terkait dengan jumlah peserta Liga 1 dan Liga 2 di tahun 2022.”

Baca Juga: Ramadan Tahun Ini Terasa Spesial bagi Gelandang Persib karena Kehadiran Buah Hati