Siapa Saja Bisa Terpapar Covid-19, Bagaimana Langkah untuk Melindungi Diri?

By Nana Triana - Selasa, 8 Juni 2021 | 10:21 WIB
Covid-19 dapat menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya rentetan kasus positif Covid-19 di kalangan atlet (Dok. Shutterstock)

Bolasport.com - Saat ini, dunia tengah menghadapi situasi waspada karena sejumlah negara mengalami peningkatan kasus positif Covid-19

Mengutip situs www.who.int, per Minggu (6/6/2021) jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 menyentuh angka 172.630.637 kasus. Adapun lima negara yang mengalami lonjakan kasus cukup tinggi adalah India, Amerika Serikat, Perancis, Turki, dan Brasil.

Oleh sebab itu, setiap orang harus menyadari bahwa dapat menginfeksi siapa saja. Contohnya, selama pandemi berlangsung lebih dari satu tahun, masyarakat sempat dikejutkan dengan pemberitaan sejumlah atlet terpapar Covid-19.

Sebut saja, pesepakbola Zlatan Ibrahimovic, Neymar, Cristiano Ronaldo, sprinter Usain Bolt, hingga pebalap Valentino Rossi. Sementara di Indonesia, personel tim ganda putra bulutangkis nasional Kevin Sukamuljo pun sempat harus menunda pertandingan karena Covid-19.

Baca Juga: Tes MotoGP 2021 - Penyebab Melambatnya Valentino Rossi Mulai Terkuak?

Pasalnya atlet dinilai memiliki kondisi fisik prima dan terbiasa dengan pola hidup sehat serta aktif. Dengan demikian, kekebalan tubuh mereka diasumsikan lebih baik.

Untuk terus menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19, berikut beberapa tindakan yang dapat dilakukan.

1. Menerapkan protokol 5M secara disiplin

Salah satu cara menghindarkan diri dari paparan virus corona adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Adapun prokes selama pandemi meliputi memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas serta interaksi dengan orang yang tidak serumah (5M).

Usahakan kamu tidak lupa menggunakan masker sebelum bepergian ke luar rumah. Selain itu, selalu memakai masker secara baik dan benar, yaitu menutup seluruh bagian wajah mulai dari hidung hingga dagu serta tidak memiliki celah kosong di sisi kanan dan kiri masker.