Olimpiade Tokyo 2020 - Soal Jumlah Atlet, Indonesia Kalah dari Malaysia dan Thailand

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 23 Juli 2021 | 07:00 WIB
Logo Olimpiade Tokyo 2020. (DOK TOKYO2020.JP)

BOLASPORT.COM - Kontingen Indonesia dipastikan hanya meloloskan 28 atlet ke Olimpiade Tokyo 2020 yang akan berlangsung pada 23 Juli-8 Agustus 2021.

Meski jumlah ini melampaui target yang dipatok NOC Indonesia, banyaknya atlet Tanah Air pada Olimpiade Tokyo 2020 masih kalah dari dua negara Asia Tenggara lainnya yakni Malaysia dan Thailand.

Berdasarkan data atlet yang tercantum di laman resmi Olimpiade Tokyo 2020, Thailand memiliki 41 atlet, sedangkan Malaysia punya 30 atlet pada pesta olahraga dunia empat tahunan kali ini.

Dengan demikian, Indonesia hanya menempati urutan ketiga dalam daftar jumlah atlet dari negara-negara Asia Tenggara, sementara Thailand dan Malaysia secara berurutan berada di posisi kesatu dan kedua.

Baca Juga: Jadwal Olimpiade Tokyo 2020 - Penampilan Perdana Wakil Indonesia dari Panahan

Meski jumlah atlet yang lolos tidak menjamin hasil akhir Thailand dan Malaysia pada Olimpiade Tokyo 2020 akan lebih baik dibanding Indonesia, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari tetap menilai hal ini menjadi tantangan tersendiri.

"Ini jadi tantangan ke depan karena pada Olimpiade Paris 2024, kualifikasi dimulai akhir tahun ini," kata Raja Sapta Oktohari dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/7/2021) siang WIB.

"KOI (NOC Indonesia) akan berkoordinasi dengan cabor-cabor supaya bisa mengawal lebih ketat kualifikasi Olimpiade."

"Jadi, jangan sampai ada lagi kasus atlet tidak lolos ke Olimpiade karena masalah-masalah teknis," ucap pria yang akrab disapa Okto itu.

Baca Juga: Jelang Olimpiade Tokyo 2020 - Inilah Target Peringkat dan Medali Indonesia