Lindungi Anak Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Pesan Dokter Reisa

By Anissa Dea Widiarini - Sabtu, 24 Juli 2021 | 16:05 WIB
Juru Bicara Penanganan Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr Reisa Broto Asmoro. (Kompas.com)

BOLASPORT.com – Sama seperti orang dewasa, anak-anak menjadi kelompok yang rentan terhadap risiko pandemi Covid-19.

Menurut dr Reisa Broto Asmoro, kondisi anak-anak di Indonesia tidak sedang baik-baik saja. Situasi sulit yang ditimbulkan pandemic Covid-19 juga berpengaruh pada kondisi anak-anak.

Dari 80 juta anak yang terdampak pandemi, sekitar 60 juta di antaranya tidak bisa merasakan kegembiraan masa sekolah. Bahkan, banyak yang tidak bias mengikuti pembelajaran jaka jauh (PJJ) dengan baik karena tidak memiliki fasilitas yang memadai.

Anak-anak pun, kata dr Reisa, banyak kehilangan kesempatan bermain dan mengenal alam terbuka. Mereka juga rentan mengalami perundungan atau tindakan bully, diskriminasi, dan kekerasan verbal di media sosial.

“Tekanan dan beban mental saat menjalani pandemi pasti tidak mudah bagi anak-anak Indonesia. Hal yang paling membuat sedih, beberapa dari anak Indonesia, kehilangan orangtua mereka karena Covid-19,” ujar dr Reisa dalam rilis yang diterima Bolasport.com, Sabtu (24/7/2021).

Baca Juga: Virus Corona Masih Mewabah, Pemain PSS: Yuk Patuhi Protokol Kesehatan

Untuk itu, dr Reisa mengajak seluruh masyarakat  agar semakin melindungi anak-anak di tengah krisis pandemi Covid-19. Tujuannya, agar masa depan mereka, termasuk masa depan bangsa, menjadi jauh lebih baik.

Menggalakkan 3T

Demi melindungi anak-anak dan masyarakat dari paparan Covid-19, pemerintah terus menggalakkan 3T, yakni testing, tracing, dan treatment.

Dokter Reisa menjelaskan, testing atau menguji seseorang positif atau negatif terhadap Covid-19 dilakukan supaya pasien cepat mendapat perawatan dan tidak menulari orang lain.