Greysia Polii dan Emas Olimpiade Tokyo 2020 yang Membawanya Lewati Rekor Susy Susanti dan Liliyana Natsir

By Diya Farida Purnawangsuni - Rabu, 11 Agustus 2021 | 10:15 WIB
Kedatangan Greysia Polii ke tanah air usai tampil pada Olimpiade Tokyo 2020, Rabu (5/8/2021) (BADMINTON INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Greysia Polii, mengukir sejarah besar seiring dengan keberhasilannya meraih medali emas pada Olimpiade Tokyo 2020.

Bersama sang partner, Apriyani Rahayu, Greysia Polii naik ke podium kampiun Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan pasangan ganda putri China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, 21-19, 21-15, pada laga final yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021).

Tak hanya meneruskan tradisi raihan medali emas Olimpiade bagi kontingen Indonesia, kesuksesan Greysia/Apriyani ini juga menjadikan mereka pasangan ganda putri Indonesia pertama yang mampu meraih medali pada pesta olahraga dunia empat tahunan tersebut.

Baca Juga: Resmi - Errol Spence Jr Cedera, Manny Pacquiao Hadapi Peraih Perunggu Olimpiade Beijing 2008

Sebelum Greysia/Apriyani, tak ada satu pun pasangan ganda putri Merah Putih yang berhasil membawa pulang medali Olimpiade.

"20 tahun yang lalu, ketika saya berusia 13 tahun, saya tahu Indonesia belum membuat sejarah di ganda putri," ucap Greysia seusai laga final Olimpiade Tokyo 2020.

"Saya tahu saya dilahirkan untuk menjadi pemain bulu tangkis dan saya memiliki keyakinan pada usia 13 tahun bahwa saya ingin membuat sejarah di dalamnya," kata atlet berdarah Minahasa itu.

Baca Juga: MotoGP Austria 2021 - Kekuatan Marc Marquez Tak Boleh Hilang di Tengah Jalan Lagi