Situasi Pandemi Mulai Terkendali, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

By Yussy Maulia - Rabu, 13 Oktober 2021 | 12:39 WIB
Dialog Semangat Selasa Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPC PEN), Selasa (12/10/2021). (Tangkapan layar YouTube FMB9ID_IKP)

BOLASPORT.com - Hingga saat ini, pemerintah Indonesia terus berupaya untuk mengendalikan situasi Covid-19. Strategi pengendalian itu dilaksanakan melalui tiga pilar.

Adapun tiga pilar tersebut adalah memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun (3M), percepatan vaksinasi, dan penguatan testing, tracing, treatment (3T).

Strategi tersebut pun menunjukkan hasil positif. Menurut Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Alexander Ginting, saat ini angka positivity rate nasional berada di bawah 2 persen.

Selain itu, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit berada di bawah 10 persen. 

Baca Juga: Masuki Gelombang Ke-21, Bagaimana Rekam Jejak Kartu Prakerja?

Meski begitu, Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Alexander Ginting mengatakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) masih akan terus dilakukan.

"PPKM masih akan terus digunakan sebagai instrumen pengendalian, berdampingan dengan 3M, 3T, dan vaksinasi," ujarnya melalui keterangan resmi dalam Dialog Semangat Selasa Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPC PEN), Selasa (12/10/2021).

Menurut Alexander, penerapan PPKM akan mengawal dan menjaga masyarakat sehingga pemulihan kesehatan dapat diiringi dengan pemulihan ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan.

Alexander juga menegaskan agar masyarakat menjadikan protokol kesehatan sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Suporter Diminta Jangan Demo Berkerumun, Pemerintah Memantau Nasib Liga 1