WADA Puji Progres Indonesia Paling Baik, Merah Putih Ditargetkan Berkibar Lagi pada SEA Games 2022

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 13 Desember 2021 | 16:25 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali (kiri) dan Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari (kanan), sedang memberikan keterangan kepada awak media di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, 30 April 2021. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Hukuman Badan Anti-doping Dunia (WADA) kepada Indonesia pada awal Oktober lalu diharapkan bisa dicabut dalam waktu dekat.

Progres pemulihan sanksi Indonesia dipaparkan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dan Komite Olimpiade Indonesia dalam konferensi pers virtual pada Senin (13/12/2021).

Seperti diketahui, Indonesia kehilangan beberapa hak di dunia olahraga internasional menyusul sanksi ketidakpatuhan kepada LADI (Lembaga Anti-doping Indonesia).

Dua sanksi yang paling sorotan adalah larangan pengibaran bendera Indonesia dan larangan mendapatkan hak menjadi tuan rumah selama masa ketidakpatuhan.

Baca Juga: NOC Indonesia Upayakan Percepat Penangguhan Sanksi Bendera Merah Putih dari WADA

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menyatakan puas dengan kinerja LADI dan tim satuan tugas yang dipimpin Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari.

"Saya mendapat informasi bahwa progres berjalan postif," kata Zainudin Amali.

"Bahkan terjadi percepatan dalam upaya-upaya tim dari LADI dan unsur pemerintah terhadap pemenuhan compliance sebagaimana yang disyaratkan oleh WADA."

Zainudin juga mengatakan bahwa kunjungan Raja Sapta Oktohari ke markas WADA di Lausanne, Swiss, pada 8 Desember, membawa hasil positif.

Baca Juga: WADA Apresiasi Kinerja Indonesia dalam Penyelesaian Masalah Sanksi Anti Doping