BAM Sodorkan Syarat, Lee Zii Jia Bisa Lolos Sanksi Pencekalan?

By Wahid Fahrur Annas - Sabtu, 22 Januari 2022 | 14:45 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, pada BWF World Tour Finals 2021 di Bali International Convention Centre, Nusa Dua. (DOK. HUMAS PP PBSI)

BOLASPORT.COM – Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) memberikan harapan kepada Lee Zii Jia mengenai sanksi berat akibat mundur dari pelatnas.

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia mendapatkan sanksi dari BAM yang melarang dirinya tampil di pentas dunia selama dua tahun.

Akibat sanksi tersebut, harapan pebulu tangkis 23 tahun itu untuk bisa tampil Olimpiade Paris 2024 juga sirna.

Hal ini, karena periode kualifikasi untuk lolos ke putaran final Olimpiade 2024 di Paris akan dimulai pada pertengahan tahun depan.

Baca Juga: Buah Kontroversi BAM, Muncul Petisi Bela Lee Zii Jia dan Goh Jin Wei

BAM mengakui bahwa keputusan untuk tidak mendaftarkan Lee Zii Jia dalam turnamen apapun selama dua tahun bukanlah keputusan mudah.

Diperlukan integritas BAM sebagai otoritas tertinggi olahraga bulu tangkis Malaysia dan menjaga kepentingan nasional.

Wakil presiden BAM, Datuk Seri Jahaberdeen Yunoos mengatakan, keputusan diambil setelah melakukan pertimbangan secara menyeluruh.

BAM mencapai keputusan untuk tidak mendaftarkan Lee Zii Jia pada turnamen internasional selama dua tahun, efektif mulai 18 Januari 2022, kata Jahaberdeen dilansir Bolasport.com dari New Straits Times.

Baca Juga: Blak-blakan Lee Chong Wei, Alasan Lee Zii Jia Minggat dari BAM Terbongkar