BWF Tawarkan Solusi Kasus Mundurnya Lee Zii Jia dari Pelatnas BAM

By Delia Mustikasari - Jumat, 21 Januari 2022 | 18:10 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia (kiri), bersama Direktur Kepelatihan BAM, Wong Choong Hann.
OWEE AH CHUN/NST
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia (kiri), bersama Direktur Kepelatihan BAM, Wong Choong Hann.

BOLASPORT.COM - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengatakan bahwa pihaknya hanya akan menerima entri pemain untuk semua turnamen yang disetujui melalui afiliasi anggota mereka dalam hal ini adalah federasi bulu tangkis negara masing-masing.

Aturan ini membuat tunggal putra nomor satu Malaysia, Lee Zii Jia, dalam kesulitan. BAM memutuskan tidak akan mendaftarkan pemain berusia 23 tahun tersebut untuk turnamen BWF selama dua tahun mulai 18 Januari 2021.

Keputusan itu disampaikan BAM pada Jumat (21/1/2022). Hukuman juga berlaku bagi tunggal putri, Goh Jin Wei, yang meninggalkan pelatnas Malaysia pada 31 Oktober lalu.

Baca Juga: Lee Zii Jia Keluar dari Pelatnas Bukan karena Uang, BAM Dikritik Tidak Adil

Lee Zii Jia dan Goh Jin Wei masih memiliki kesempatan mengajukan banding.

Selain itu, BWF dalam statuta mereka memperbolehkan pemain bertanding melalui federasi bulu tangkis negara lain.

Namun, pemain baru bisa melakukannya 12 bulan setelah pindah ke luar negeri alias ketika masa yurisdiksi federasi negara asal dianggap tak lagi berlaku.

Ini berarti semua pebulu tangkis, baik nasional, klub atau profesional, harus melalui Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia untuk bersaing dalam kompetisi apa pun di bawah kalender BWF.

Baca Juga: Deretan Pebulu Tangkis Dunia Non Pelatnas, Praveen/Melati Belum Resmi?

Dalam email yang dikirim Lee ke BWF soal apakah ada alternatif bagi pemain independen untuk bermain tanpa persetujuan badan nasional, mereka menjawab dengan mengatakan bahwa BWF tidak memiliki komentar terkait dengan masalah khusus ini.



Editor : Delia Mustikasari
Sumber : The Star

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

VIDEO TERPOPULER

Close Ads X