Duel Persib-Persija: Bisakah Pertandingan Ini Disebut Sebagai Derbi?

By Sasongko - Senin, 28 Februari 2022 | 06:20 WIB
Bek Persija Yann Motta dan kiper Andritany Ardhiyasa merayakan gol Marko Simic kontra Persib Bandung pada laga lanjutan Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/11/2021). (Suci Rahayu)

 

BOLASPORT.COM - Selama ini publik sepakbola Indonesia melabeli duel Persib-Persija sebagai pertandingan bertajuk Derbi, benarkah demikian?

Sebenarnya ini adalah fenomena umum di persepakbolaan Indonesia, bahwa hanya ada dua label pertandingan saja di negeri ini, big match dan super big match.

Satu lagi yaitu tentang istilah "derbi" yang seringkali disematkan secara serampangan kepada duel dua tim di sepakbola Indonesia.

Di momen menjelang laga Persija Jakarta lawan Persib Bandung pada pembukaan bulan Maret. Pertanyaannya, pantaskah pertandingan ini disebut sebagai derbi?

Di setiap laga dua tim ini, umum jika media atau stasiun televisi menyebutnya sebagai Derbi Indonesia atau El Classico Indonesia.

Istilah derbi sendiri berasal dari Inggris, sehingga ada baiknya jika kita mengutip definisinya dari situs resmi Premier League.

Baca Juga: Pelatih Persebaya Buka Suara Terkait Kondisi Ernando Ari dan Ricky Kambuaya

Dalam situs resmi Premier League, derbi didefinisikan sebagai pertandingan dua tim yang punya intensitas persaingan di satu area atau wilayah yang sama (Local Derby).

Lantas, jika derbi dimaksud demikian, apakah duel Persib-Persija adalah pertandingan derbi? Jelas tidak.