Jumlah Kemenangan Marc Marquez Lebih Banyak dari 23 Pembalap Aktif MotoGP

By Delia Mustikasari - Selasa, 19 April 2022 | 00:15 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, di podium pertama usai balapan MotoGP Emilia Romagna 2021 di Sirkuit Misano, Italia, MInggu (24/10/2021). (TWITTER.COM/MOTOGP_ESPN)

BOLASPORT.COM - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, memang belum pernah naik podium kampiun pada MotoGP 2022. Namun, jumlah kemenangan yang diraih pembalap asal Spanyol tersebut lebih banyak dari 23 rider MotoGP aktif musim ini.

Sementara itu, 14 dari 24 pembalap reguler MotoGP telah menang setidaknya sekali di kelas utama. Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro bahkan baru meraih satu kemenangan balapan setelah 200 kali start. Namun, Marc Marquez mengalahkan semua orang.

Marc Marquez seperti dilansir dari speedweek.com, tercatat telah memenangkan tidak kurang dari 59 balapan MotoGP sejak debutnya di kelas utama pada 2013, sedangkan jumlah kemenangan 23 rivalnya pada MotoGP musim ini jika digabung hanya memiliki total 56 kemenangan MotoGP.

Baca Juga: Jadwal MotoGP Portugal 2022 - Persaingan Ketat, Marc Marquez Waspada

Andrea Dovizioso (RNF Yamaha) memiliki 15 kemenangan, diikuti Maverick Vinales (9 kemenangan), Fabio Quartararo (8 kemenangan), Francesco Bagnaia dan Miguel Oliveira masing-masing memiliki 4 kemenangan.

Jack Miller, Franco Morbidelli, dan Alex Rins masing-masing memiliki 3 kemenangan. Brad Binder dan Enea Bastianini masing-masing memiliki dua kemenangan. Joan Mir, Jorge Martin, dan Aleix Espargaro setidaknya pernah sukses di kelas utama.

Nol kemenangan MotoGP sejauh ini didapat Johann Zarco, Pol Espargaro, Takaaki Nakagami, Alex Marquez, Luca Marini, dan rookie Raul Fernandez, Remy Gardner, Marco Bezzecchi, Fabio Di Giannantonio, dan Darryn Binder.

Sebelum awal musim ini, Aleix Espargar adalah satu-satunya dari 24 pembalap reguler MotoGP tanpa satu pun kemenangan GP di kelas mana pun.

Baca Juga: Ganda Putra India Dilatih Mantan Rival Marcus/Kevin Jelang Thomas Cup 2022

Sejak GP Argentina digelar di Sirkuit Termas de Río Honda, bintang Aprilia ini telah mencatat pencapaian baru pada usia 32 tahun dan 247 hari.

Dia menjadi pemenang debut MotoGP tertua kedua setelah Troy Bayliss (37 tahun dan 213 hari) di Valencia 2006.