Efek Domino dari Rencana Suzuki Mundur dari MotoGP pada Akhir Musim Ini

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 3 Mei 2022 | 16:30 WIB
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins, dalam sesi pemotretan untuk peluncuran tim menjelang MotoGP 2022. (WWW.SUZUKI-RACING.COM)

BOLASPORT.COM - Tidak ada yang menduga Suzuki akan mundur dari MotoGP pada akhir musim. Rumor yang meledak layaknya bom menimbulkan gosip di paddock.

Siapa yang menyangka Suzuki tidak akan berkompetisi di MotoGP pada musim depan?

Setelah gelar juara pada 2020 dan performa tim yang cukup kompetitif, sulit untuk mencerna kenapa Suzuki tidak melanjutkan komitmen mereka pada MotoGP.

Suzuki telah menyanggupi siklus kontrak lima tahun yang baru dengan MotoGP, sampai 2026, sehingga ada penalti yang harus dibayar saat menarik diri di tengah jalan.

Sayangnya, keputusan Suzuki tampaknya tinggal menunggu pengesahan setelah sejumlah media di MotoGP mendapatkan konfirmasi melalui sumber dari dalam tim.

GPOne.com misalnya, mereka melaporkan Suzuki terdampak krisis finansial yang disebabkan pandemi Covid-19 serta konflik militer antara Rusia dan Ukraina.

Soal urusan bujet, Suzuki memang tidak semewah dua pabrikan asal Jepang lainnya yaitu Honda dan Suzuki.

Manajer Tim Suzuki Ecstar, Livio Suppo, tak bisa berbicara banyak walau pekan lalu membagikan rencana tim untuk mempertahankan duet Joan Mir dan Alex Rins.

"No comment. Saya harap Anda memahami situasi saya," kata Suppo setelah pertemuan dengan Project Leader Shinichi Sahara di Sirkuit Jerez, Spanyol, Senin (2/5/2022).

Baca Juga: BREAKING NEWS - Suzuki Mau Mundur dari MotoGP