SEA Games 2021 - Keberhasilan Timnas Basket Tak Hanya Berkat Pemain Naturalisasi Saja

By Wahid Fahrur Annas - Senin, 23 Mei 2022 | 22:45 WIB
Tim basket putra Indonesia mencetak sejarah dengan menumbangkan Filipina dan merebut emas SEA Games pertama sejak 1977 di SEA Games 2021 Vietnam yang digelar di Thanh Tri Sport Information and Culutural Center Gymnasium, Minggu (22/5/2022). (NOC INDONESIA/MP MEDIA/IQBAL FAUZI)

BOLASPORT.COM – Banyak aspek yang turut menyumbang andil dalam keberhasilan timnas basket menyabet medali emas untuk pertama kalinya pada ajang SEA Games.

Prestasi ini terasa spesial setelah Indonesia akhirnya mampu mengalahkan Filipina, tim yang dianggap terlalu kuat bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Apalagi pada tiga edisi terakhir gelaran SEA Games, Indonesia selalu tumbang jika berhadapan dengan Filipina.

Yaitu pada babak semifinal pada 2019 lalu dan dua kali Filipina menjegal Indonesia untuk meraih medali emas pada 2015 dan 2017 di final.

Meski begitu, penantian yang sudah lama dinanti-nanti akhirnya tiba pada SEA Games 2021.

Timnas basket putra 5x5 akhirnya sukses mengalahkan Gilas Pilipinas, julukan timnas basket Filipina, pada Minggu (22/5/2022) dengan skor ketat 85-81.

Baca Juga: Bulu Tangkis SEA Games 2021 - Pelatih Akui Kerap Redam Emosi dan Ego Apriyani Bersama Fadia

Kehadiran tiga pemain naturalisasi, Dame Diagne, Marques Terrell Bolden, dan Brandon Jawato memang sangat membantu timnas Indonesia mampu tampil percaya diri.

Ditambah satu pemain muda potensial keturunan Indonesia-Kamerun, Derrick Michael Xzavierro yang juga memiliki tinggi badan diatas 2 meter.