CdM Tim Indonesia Puas Lewati Keraguan pada SEA Games 2021

By Fauzi Handoko Arif - Rabu, 25 Mei 2022 | 00:00 WIB
CdM Tim Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam, Ferry Kono (kanan) saat memberikan keterangan pers dengan ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari (kiri). (NOC INDONESIA/NAIF AL'AS)

BOLASPORT.COM - Chef de Mission (CdM), Kontingen Indonesia Ferry Kono puas dengan pencapaian Tim Merah Putih yang mampu menempati peringkat ketiga perolehan medali SEA Games 2021 Vietnam.

Prestasi Indonesia pada SEA Games 2021 ini merupakan yang terbaik dari empat edisi terakhir.

Tentunya ini telah menjawab keraguan publik mengenai performa dan hasil yang akan diraih Indonesia pada SEA Games edisi kali ini.

Ferry Kono yang ditunjuk sebagai CdM pada 40 hari jelang keberangkatan, menceritakan mengenai kisah di balik suksesnya Indonesia pada SEA Games 2021.

 

Tantangan teknis dan nonteknis menjadi tantangan bagi Indonesia dengan keinginannya menuju peringkat tiga besar klasemen medali.

Sejumlah keraguan mulai mengalir ketika Presiden Joko Widodo menginginkan ada peningkatan prestasi di SEA Games edisi ke-31.

Apalagi ada tantangan mengenai keterbatasan anggaran yang sempat menjadi isu karena budget keberangkatan SEA Games tidak masuk dalam alokasi RAPBN 2022 lantaran keputusan waktu penyelengaraan baru ditetapkan akhir tahun.

Tak sampai di situ, perubahan paradigma sistem olahraga yang melalui DBON menuai pro-kontra.

Baca Juga: SEA Games 2021 - Indonesia Gemilang Berkat Kerjasama Atlet dan Stakeholder