NOC Indonesia Gelorakan Pesan Perdamaian pada Olympic Day 2022

By Muhamad Husein - Kamis, 23 Juni 2022 | 14:53 WIB
Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari. (NOC INDONESIA/Naif AL’AS)

BOLASPORT.COM - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) membawa misi khusus dalam peringatan Olimpic Day 2022 pada Kamis (23/6/2022) hari ini.

NOC Indonesia yang dipimpin Raja Sapta Oktahari menggelorakan misi perdamaian pada Olympic Day yang diperingati setiap 23 Juni.

Misi tersebut dibawa Raja Sapta Oktahari karena sejalan dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang memiliki misi perdamaian.

"Melalui perayaan Olympic Day tahun ini, NOC Indonesia menyuarakan dengan sungguh-sungguh pesan perdamaian, sebagaimana tema yang diusung IOC yakni 'Together for a better world' kata Okto, dikutip BolaSport.com dari NOC Indonesia.

"Olahraga merupakan sarana yang tepat untuk membawa pesan ini karena olahraga menjadi alat komunikasi universal untuk mempersatukan, tanpa adanya diskriminasi dan hal lain."

"Meskipun berkompetisi menjadi juara, olahraga selalu dapat menunjukkan sisi persahabatan dan respek di lapangan."

Aspek tersebut dikatakan Okto menjadi poin utama yang terkandung dalam Olympic Values atau nilai Olimpiade, seperti excellence (keunggulan), friendship (persahabatan) dan respect (saling menghargai).

Dari tiga hal itu juga disebut Okto akan diperkuat melalui pilar baru Olympic Movement (Gerakan Olimpiade) yaitu sustainability (keberlanjutan), inclusion (keikutsertaan), solidarity (solidaritas) dan peace (perdamaian).

Nilai-nilai ini yang diharapkan dapat membawa kontribusi besar bagi olahraga dunia. Selain itu, melalui peringatan Olympic Day, Okto juga menyuarakan pesan perdamaian bagi negara-negara yang tengah berkonflik.

Baca Juga: Hendra Si Legenda yang Rendah Hati, Jagoan Baru Tunggal Putra Pernah Tak Tahu Kojeng Juara Olimpiade