Penantian Panjang Citra Febrianti untuk Medali Perak Olimpiade 2012

By Wawan Saputra - Senin, 4 Juli 2022 | 13:59 WIB
Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amalai dan lifter Indonesia Citra Febrianti saat acara penyerahan bonus apresiasi atas medali perak Olimpiade 2012 London (NOC Indonesia/Naif Al'As)

BOLASPORT.COM - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) akan menjadwalkan realokasi medali perak Olimpiade 2012 untuk Citra Febrianti pada bulan September 2022.

Citra merupakan salah satu lifter putri Indonesia yang berlaga pada Olimpiade London 2012 dan berhasil menempati urutan keempat.

Namun, karena ada temuan bahwa peraih medali emas Chinshanlo (Kazakhstan) dan peraih medali perunggu Cristina Iovu (Moldova) menggunakan doping, IOC mendiskualifikasi kedua atlet.

Kedua atlet dinyatakan didiskualifikasi setelah empat tahun berlalu karena terbukti positif doping berdasarkan klasifikasi baru Federasi Angkat Besi Internasional (IWF).

Kejadian tersebut tidak langsung memutuskan medali perak untuk Citra, butuh penantian sangat panjang bagi Citra untuk menerima realokasi medali perak.

Pasalnya, baru pada kepengurusan NOC Indonesia periode 2019-2023 pimpinan Raja Sapta Oktohari IOC memutuskan secara resmi Citra berhak atas medali perak nomor putri 53 kg Olimpiade London 2012.

Kepastian tersebut baru didapatkan oleh Citra pada 19 November 2020 atau selang delapan tahun dari Olimpiade London 2012.

Namun, Citra baru akan menerima realokasi medali perak Olimpiade London 2012 di bulan September 2022 bersamaan dengan perayaan Olympic Day 2022.

Hal tersebut karena untuk penyerahan realokasi medali Olimpiade harus mengikuti regulasi dari Komisi Atlet IOC yang disetujui Dewan Eksekutif IOC pada Mei 2018.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games, Indonesia Targetkan 105 Medali Emas