Masih Ingat Legenda MotoGP yang Boncengkan Valentino Rossi? The Doctor: Harusnya Dia Hidup 100 Tahun Lagi

By Fauzi Handoko Arif - Selasa, 26 Juli 2022 | 20:00 WIB
Valentino Rossi (kiri) merayakan kemenangannya bersama legenda balap, Angel Nieto, pada balapan MotoGP Prancis di Le Mans, Prancis, 18 Mei 2008. Nieto memboncengi Rossi setelah rekor 90 kemenangan grand prix-nya disamai. (JEAN-FRANCOIS MONIER/AFP)

BOLASPORT.COM - Valentino Rossi mengenang mendiang Angel Nieto dalam sebuah video dokumenter 'El Hombre Que Vencio Al Tiempo" di Prime Video

Angel Nieto memiliki kedekatan personal dengan Valentino Rossi walau mereka dipisahkan tiga dekade dalam kejayaan pada kejuaraan dunia grand prix.

Angel Nieto menguasai kompetisi kelas 50cc dan 125cc pada akhir 1960an hingga awal 1980an dengan raihan 12+1 gelar juara dunia (Nieto tidak suka angka 13).

Adapun Valentino Rossi menjadi representasi legenda pada era modern dengan catatan 9 gelar juara dunia dari empat kelas 125cc, 250cc, 500cc, dan MotoGP.

Rossi sendiri mengenal Nieto lantaran Nieto merupakan salah satu rival sekaligus teman dekat dari ayahnya, Graziano.

Kontak pertama antara Rossi dan Nieto terjadi di Spanyol antara tahun 1995-1996.

"Kami masuk ke sebuah Rolls-Royce tua dengan Angel berpakaian sangat elegan untuk bertemu Raja Spanyol," ucap Rossi, sebagaimana dikutip BolaSport.com dari Motosan.

Sejak saat itu ada rasa saling menghormati antara Rossi dan Nieto.

"Menurut saya dia adalah legenda sementara dia menghormati saya karena dia percaya bahwa saya bisa menjadi pembalap penting," kata The Doctor.

Baca Juga: Sudah Teruji, Franco Morbidelli Dipercaya Adik Valentino Rossi Bakal Berjaya Lagi