PIALA DUNIA - Philipp Lahm Protes Keras FIFA yang Kesampingkan HAM di Piala Dunia 2022

By Arizal Muhammad Valevi - Selasa, 9 Agustus 2022 | 23:00 WIB
Philipp Lahm berpose dengan trofi Piala Dunia 2014 di Brandeburg Gate, Berlin. (ROBERT MICHAEL/AFP)

BOLASPORT.COM - Legenda Bayern Muenchen dan timnas Jerman, Philipp Lahm, melayangkan protes keras kepada FIFA yang dia anggap mengesampingkan Hak Asasi Manusia (HAM) pada gelaran Piala Dunia 2022.

Asosiasi sepak bola tertinggi di dunia, FIFA, telah menerima banyak kritik menjelang digelarnya Piala Dunia 2022 Qatar.

Piala Dunia 2022 mendapat banyak kritikan karena FIFA mengizinkan Qatar, yang notabene adalah salah satu negara dengan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terbesar di dunia, menjadi tuan rumah turnamen terakbar tahun ini.

Diketahui Qatar menjadi negara yang kurang ramah dengan HAM, di mana para pekerja asing dan imigran juga banyak dikabarkan mengalami tindakan buruk di sana.

Eks pemain Bayern Muenchen, Philipp Lahm, mengungkapkan bahwa dirinya tidak akan datang langsung ke gelaran Piala Dunia 2022.

Hal tersebut adalah salah satu bentuk protesnya pada FIFA yang mengizinkan negara dengan banyak pelanggaran HAM menjadi tuan rumah Piala Dunia.

 Baca Juga: Jadwal Live Real Madrid vs Eintracht Frankfurt di Piala Super Eropa

"Saya tidak akan pergi ke Qatar dengan delegasi Jerman. Saya juga tidak tertarik untuk pergi sebagai penggemar," tutur Lahm, dilansir BolaSport.com dari Sport Bible.

"Hak asasi manusia harus memainkan peran penting dalam sebuah turnamen."